Selasa, 31 Maret 2015

Mini Aquarium Hydroponik

Jika rekan-rekan punya lampu bokhlam yang sudah rusak (putus alias tak bisa dipakai) sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Apalagi buangnya sembarangan. Lampu bokhlam bekas ini dapat digunakan untuk berbagai hal yang lebih bermanfaat. Ketika masih duduk di bangku SD-SMP, sekitar tahun '90-an (dulu, SMP nyebutnya SLTP alias Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) si Kere pernah dapat tugas dari bapak/ibu guru tercinta untuk membuat vas bunga hidup/tanaman Hydroponik dari lampu bokhlam bekas yang peletakannya digantung di dinding kelas. Mungkin
rekan-rekan yang SD-SMPnya di tahun '90-an masih ingat dengan vas bunga hidup yang media tanamnya dari air ini. Di tempat Kere disebut Samblung. Untuk di daerah lain mungkin memiliki sebutan yang berbeda.

Nah, dari Samblung ini si Kere menambahkan sedikit modifikasi menjadi Aquarium mini yang cukup unik dan mudah-mudahan menarik. Bagi yang belum tahu dan ingin tahu cara membuatnya, luangkan sedikit waktu Anda untuk menyimak. Bagi yang sudah tahu, mohon beri saran agar lebih unik dan menarik.

BAHAN
  1. Satu buah Lampu Bokhlam bekas.
  2. Satu buah Kaleng Soft Drink bekas (ukuran 250ml).
  3. Lem Kaca.
  4. Cat (warna sesuai selera).
  5. Paper Clip/Kawat (diameter 1 mm).

PERATALATAN
  • Pisau catter.
  • Tang.
  • Kuas

CARA MEMBUAT
  1. Siapkan kaleng soft drink bekas dan potong bagian atas dan bawahnya masing-masing 2 cm
    .
  2. Satukan bagian atas dan bagian bawah potongan kaleng seperti menyatukan pembuatan Kompor Kaleng Bekas, lalu di cat dan keringkan.
  3. Lubangi ujung lampu bokhlam bekas dan bersihkan dengan air mengalir


    .
  4. Posisikan secara terbalik hasil dari langkah nomor dua di atas, kemudian tempel dengan lem kaca lampu bokhlam yang telah dilubangi pada kaleng. Posisi lampu bokhlam disesuaikan dengan selera. Selanjutnya, ikat ujung bokhlam dengan kawat. Fungsingnya adalah sebagai pengait jika ingin ditempelkan pada dinding.

Setelah proses pembuatan selesai, rekan-rekan dapat menambahkan air pada bokhlamnya. Letakkan ikan hias ukuran kecil (1 s/d 2 cm saja). PERHATIAN!!! jangan meletakkan ikan ukuran besar pada bokhlam seperti ikan Betok atau Lele. Cz kagak muat. Posisinya bisa diletakkan di dinding (digantung), di meja tamu atau tempat lain sebagai pemanis ruangan. Alhamdulillah, Mini Aquarium Hydroponik buatan si Kere ini ternyata ada juga yang berminat untuk membelinya. Bagi yang minat, si Kere akan buatkan. Masalah harga call/sms aja di contact. Jika ingin melihat karya handmade Kere klik disini

Meskipun kecil, pemanfaatan barang bekas ini setidaknya telah mengikutsertakan Anda peduli akan lingkungan yang kondisinya kian hari semakin memprihatinkan. Pedulikah Anda.....?  Untuk peduli jangan menunggu Anda menjadi korban. Ingat, "Bumi ini bukanlah warisan nenek moyang kita, melainkan titipan anak cucu kita".

 Semoga bermanfaat.


Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar